Rabu, 12 September 2012

Komputer Sebagai Peralatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

1. Definisi Komputer
 kata Komputer (dalam bahasa inggris)  berasal dari bahasa latin, yaitu TO COMPUTARE yang artinya menghitung. Kalau kita berbicara tentang komputer maka sebenarnya kita berbicara tentang alat hitung tetapis seiring dengan berkembang dan meluasnya bidang ilmu komputer maka definisi komputer yang ditemukan oleh para ahli pengertiannya berkembang dan bervariasi di antaranya:

A. Komputer adalah mesin hitung elektronik yang cepat dan tepat menerima informasi input digital, Memprosesnya  sesuai dengan program yang tersimpan pada memory kemudian menghasilkan output yang berupa informasi. 

B. Komputer Adalah suatu elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sekaligus dalam waktu yang sama yaitu sebagai berikut:
1)Menerima Input Data.
2)Memproses Data.
3)Menghasilkan Output Berupa Informasi.

C. Komputer sebuat akat pemroses data yang dapat melakukan penghitungan besar secara cepat,   Baik itu aritmatik maupun logika tanpa campur tangan manusia.

2.  Komputer Dan Internet.
Komputer dan internet merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang saling berkaitan dan yang paling banyak berperan menunjang perkembangan teknologi informasi pada zaman sekarang ini. Komputer digunakan untuk mengolah, Mengelola dan menyimpan infromasi. Sedangkan Internet di gunakan sebagai sarana sumber informasi dan komunikasi yang tak terbatas dan alat untuk mempertukarkan informasi.

A. Komputer
Merupakan peralatan teknologi informasi yang memiliki ukuran kecepatan dan kemampuan dalam mengolah data yang bervariasi sesuai dengan kebutunhannya. Berdasarkan kriteria kemampuan dalam mengolah informasi komputer dikelompokkan menjadi beberapa jenis antara lain:

1) Komputer Pribadi (Personal Computer/PC)
Komputer PC mempunyai ukuran dan kecepatan yang bervariasi namun ukuran yang terbesar  dari PC masih dapat ditempatkan dengan baik di atas meja. ukuran kecepatan PC dalam mengolah data sampai 3,5GHz. Komputer PC banyak digunakan sebagai alat bantu di kantor-kantor lembaga pendidikan dan di rumah-rumah.

2) Super Komputer (Mainframe Computer)
Super Komputer atau Mainframe Computer memiliki bentuk fisik yang besar seperti LEMARI. Merupakan komputer yang digunakan oleh para ahli di laboraturium research atau lembaga pemerintah yang menangani data kepndudukan yang sangat komplek. Di samping itu Mainframe Computer banyak digunakan sebagai server yang mampu melayani banyak pengguna atau multiuser.

3) Komputer Untuk Tujuan Tertentu (Dedicated Xomputer)
Memiliki Bentuk fisik yang kecil dan menggunakan tenaga baterau sebagai sumber daya Komputer ini biasanya dipakai untuk tujuan tertentu yaitu pada peralatan video game, play station, dan peralatan permainan.

4) Komputer pengontrol peralatan tertentu (Embedded Computer)
Merupakan komputer yang memiliki ukuran bervariasi tergantung dari peralatan yang dikontrol oleh komputer ini. Embedded Computer merupakan komputer dengan satu processor dan biasanya ditempatkan pada peralatan yang membutuhkan pengontrolan secara otomatis. Peralatan yang memakai komputer jenis ini seperti telepon, alat pendingin, sampai pada pengendalian. Di samping itu juga digunakan pada pengendalian tangan-tangan robot pada mesin industri.

B. Internet
Internet mrupakan singkatan dari Interconnected Network Atau Jaringan yang Saling terhubung. Internet menghubungkan komputer-komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Karena terhubung dalam sebuah jaringan komputer yang terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan bertukar data maupun informasi.

Internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintah di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Saat ini internet telah memungkinkan manusia di seluruh belahan dunia berhubungan tanpa batasan ruang dan waktu.







                                                         SEKIAN     DAN     TERIMA     KASIH                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar